Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil, Ini yang Harus Diperhatikan

Credit Photo: Pixabay

Setiap pasangan suami istri setelah menikah, pastinya ingin segera diberi momongan secepatnya. Hal ini dikarenakan anak merupakan buah hati yang keberadaannya diyakini sebagai penghangat hubungan di antara kedua orangtua. Selain itu juga anak merupakan pembawa kebahagiaan bagi kedua orangtuanya.

Oleh karena itu, berbahagialah pasangan suami istri yang cepat diberikan momongan setelah menikah. Namun untuk kalian yang sampai saat ini masih menunggu hadirnya buah hati, maka jangan berkecil hati. 

Ada banyak cara agar cepat hamil dan moms juga harus mengetahuinya ya. Bukankah selain berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kita sebagai manusia juga harus berikhtiar terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan momongan.

Apabila sudah menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang bernutrisi, berolahraga teratur dan berhubungan suami istri juga secara teratur, maka moms tidak perlu khawatir apabila ingin melakukan program kehamilan sesegera mungkin.

Namun ada beberapa cara agar cepat hamil bagi kalian yang merupakan pasutri baru menikah. Cara tersebut adalah:
  1. Lakukan hubungan suami istri tepat sebelum maupun sesudah masa ovulasi. Masa ovulasi sendiri ditandai dengan munculnya lendir serviks, perubahan suhu tubuh dan gejala lain seperti sakit punggung juga nyeri pada bagian payudara. 
  2. Konsumsi Asam Folat
  3. Tidak merokok dan minum minuman beralkohol
  4. Jangan menggunakan alat kontrasepsi setelah baru menikah
Saya ingin bercerita mengenai teman kerja yang pernah merasa sangat tidak nyaman ketika memasuki usia kehamilan 6 bulan. Teman saya sering mengalami sulit tidur karena perutnya yang sudah mulai membesar. 

Dia susah sekali menemukan posisi yang pas ketika tidur dalam keadaan hamil tua. Akhirnya setelah berkonsultasi dengan bidan maupun dokter kandungan tempatnya periksa, akhirnya teman saya menemukan solusi agar tidak mengalami kesulitan ketika hendak tidur.

Posisi Tidur yang Nyaman Bagi Ibu Hamil

Kenyamanan selama masa kehamilan merupakan hal wajib bagi seorang perempuan. Hal ini dikarenakan perempuan membawa janin di dalam perutnya dan pastinya akan lebih cepat lelah dibandingkan ketika sebelum hamil. Oleh sebab itu, jadikan tidur sebagai istirahat paling maksimal selama masa kehamilan

Ada beberapa posisi tidur yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil agar tetap nyaman, diantaranya:

1. Tidur dengan posisi miring ke kiri

Posisi tidur ke kiri akan memperlancar peredaran darah sehingga berpengaruh juga ke janin. Janin akan mendapatkan oksigen serta nutrisi yang maksimal selama ibu hamil tidur dengan posisi miring ke kiri.

2. Gunakan penyangga seperti bantal untuk tidur

Saat ini sudah banyak tersedia guling penyangga untuk ibu hamil, sehingga tidur akan menjadi lebih nyaman. Apalagi jika ibu hamil sudah memasuki trimester ketiga, tentu perut akan semakin membesar sehingga sulit untuk leluasa ketika berbaring.

Apabila kalian termasuk seorang istri yang baru pertama kali mengandung buah hati, maka tentu saja masih belum memiliki pengalaman seputar kehamilan. Terkadang bertanya saja kepada teman ataupun kerabat tidaklah cukup.

Oleh karena itu, untuk kalian yang baru pertama kali hamil setidaknya harus memiliki aplikasi kehamilan yang terhubung di smartphone. Hal ini dimaksudkan agar ketika sedang mengalami kebingungan akan sesuatu hal terkait kehamilan, kalian bisa langsung bertanya di aplikasi kehamilan tersebut.

Salah satu aplikasi kehamilan yang berguna untuk mencari informasi lengkap mengenai kehamilan adalah Teman Bumil App. Bagi para perempuan yang saat ini sedang menjalani kehamilan pertamanya, maka Teman Bumil App merupakan solusi untuk mendapatkan pengetahuan seputar parenting atau pola pengasuhan anak.

Selain itu juga, Teman Bumil App selalu siaga untuk moms selama 24 jam yang membutuhkan informasi bahkan menyediakan layanan kesehatan. Kalian juga bisa bergabung di komunitas Teman Bumil juga lho!

Jadi tunggu apa lagi, segera unduh Teman Bumil App melalui Playstore maupun App Store , dan dapatkan manfaat positif bergabung menjadi membernya.



Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

20 komentar untuk "Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil, Ini yang Harus Diperhatikan"

  1. Wah wajib download aplikasi kehamilan ya kak biar nggak bingung cari tempat bertanya seputar kehamilan pertama ini

    BalasHapus
  2. Wah bermanfaat nih infonya buat kakak aku yg lagi hamil ..kah banyk mbak

    BalasHapus
  3. Wah ada bumil App ya mbak? Untuk info menarik seputar kehamilan, jadi gak was was

    BalasHapus
  4. Posisi tidur Ibu hamil pun harus yang bener ya kalau tidak juga bermasalah dengan janinnya ataupun juga kondisi ibu hamil pun juga merasa tidak nyaman

    BalasHapus
  5. Informasi yang kelihatan hanya perlu buat perempuan seperti ini, perlu sih diketahui juga buat pria (suami) agar pria bisa memberikan dukungan.

    BalasHapus
  6. Sekarang udah ada temanbumil, aplikasi untuk membantu dan memberikan referensi penting terkait kehamilan ya. Keren banget deh pokoknya aplikasi temanbumil.

    BalasHapus
  7. Kalau saya dulu seringnya tidur miring, tapi seingat saya mau miring kiri atau kanan, sama aja. Cuman katanya bagus miring kiri ya :D
    Kalau pakai bantal, biasanya ditaruh di pinggir itu enak banget pungggung rasanya

    BalasHapus
  8. Baru tau ada aplikasi ini cuz download...bener banget kebetulan lagi hamil anak pertama Dan posisi tidur punggung selalu d ganjal sama bantal kalo gak gitu gak enak banget

    BalasHapus
  9. wah bagus nih ada aplikasi Teman Bumil App
    karena kerasa banget hingga sekarang pemahaman tentang rencana hamil, hamil, melahirkan dan menyusui itu masih kurang
    gak heran banyak bumil yang terjebak dalam mitos

    BalasHapus
  10. Pas hamil masuk trimester kedua dan ketiga adalah ujian sebenarnya yaa..
    Walau ada juga yang sedari trimester pertama juga uda sangat gak nyaman, misal karena morning sickness.

    Jadi, penting banget buat instal Teman Bumil Apps yang juga memberikan berbagai informasi penting seputar kehamilan juga sebagai tempat berbagi di komunitas Teman Bumil.

    Semoga bumil selalu sehat dan lancar hingga persalinan tiba.

    BalasHapus
  11. Pernah lihat-lihat aplikasi Teman Bumil. Fitur-fiturnya sangat membantu bagi pasutri yang sedang promil, bumil dan busui, serta perawatan anak.

    BalasHapus
  12. Aplikasi yng pastinya bermanfaat buat ibu hamil. Jadinya kalo ada keluhan, salah satunya soal permasalahan tidur ini bisa dikonsultasikan dan dapat solusinya ya

    BalasHapus
  13. Aku pas hamil juga pakai aplikasi teman bumil ini. Lengkap banget sih apk nya, bahkan segala Hal penting selama kehamilan ada di aplikasinya.

    BalasHapus
  14. Waktu saya hamil, belum banyak informasi terkait kehamilan seperti sekarang. Senang ya ada aplikasi kehamilan juga saya ini
    Bisa jadi sumber informasi kalau bumil ada keluhan dan masalah

    BalasHapus
  15. Kalau ingat dulu pas hamil, memang betul udah gak nyaman banget tidur, harus gonta ganti posisi yang pas, ini ketika usia kehamilan 8-9 bulan sangat terasa. Sekarang mah enak ya banyak aplikasi pendamping ibu hamil, jadi tau gimana nyamannya kehamilan

    BalasHapus
  16. Saat hamil dulu info seputar kehamilan masih terbatas di dunia maya jadi suka ikutan grup atau komunitas gitu. Sekarang jadi lebih mudah ya infonya karena sudah ada Teman Bumil app yang selalu siaga memberikan info akurat, keren deh

    BalasHapus
  17. Aku dulu pas hamil kebetulan juga pakai aplikasi temanbumil buat memantau kondisi bayi, asupan yang cocok untuk bumil, dan lain-lain. Membantu banget buat yang pertama kali hamil

    BalasHapus
  18. Memang saat hamil semua btuh disesuaikan, termasuk posisi tidur
    Mencari posisi tidur yang tepat bagi ibu hamil itu penting, agar ibu bisa tidur dengan nyaman

    BalasHapus
  19. Iya tidur ke kiri itu katanya juga bagus untuk mencegah asam lambung naik, kalo tidur ke kanan emang sunah Rasulullah Muhammad S.A.W, sehingga memang tergantung kita mau pilih posisi tidur yang mana. Kalo saya yg gak bakalan hamil tidurnya lebih seneng ke kanan hehe :)

    BalasHapus
  20. Wah iya kak, setuju sekali nih bagi yang baru pertama kali hamil setidaknya harus memiliki aplikasi kehamilan seperti Teman Bumil ini supaya bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan juga solusi seputar masalah kehamilan

    BalasHapus