Strategi Jitu Keluar dari Zona Nyaman dan Bangun Kekayaan dengan Investasi

Bangun Kekayaan dengan Investasi
Credit Photo: Freepik


Betah di zona nyaman? Sebaiknya jangan, kamu harus cari cara untuk bisa keluar. Zona nyaman mungkin akan membuatmu aman dan stabil tapi bisa juga jadi tembok besar yang menghalangimu untuk menjadi pribadi lebih baik termasuk dalam hal finansial. 

Well, agar bisa keluar dari zona nyaman ini kamu harus punya strategi yang tepat. Salah satunya adalah investasi online di mana kamu akan “terpaksa” mempelajari hal baru, berani ambil risiko dan berusaha berpikir strategis untuk masa depan. 

Sebelum membahas lebih jauh, yuk ketahui dulu apa saja tanda-tanda berada di zona nyaman. Bagaimana pula dampak negatifnya dan kenapa kamu harus keluar dari zona nyaman ini.

Tanda-tanda Berada di Zona Nyaman

Saatnya untuk mempertimbangkan keluar dari zona nyaman, jika kamu melihat tanda-tanda ini dalam hidupmu, yaitu:

1. Rutinitas yang Berulang 

Tanda pertama kamu berada di zona nyaman adalah rutinitas yang berulang. Setiap hari, kegiatanmu sama tanpa variasi atau perubahan berarti. Mulai dari bangun tidur, pergi bekerja, hingga aktivitas setelah pulang, semuanya berjalan dengan pola yang sama. Meskipun rutinitas ini memberikan rasa aman dan stabilitas, terlalu lama menjalani pola yang sama bisa membuatmu merasa bosan dan tidak berkembang.

2. Kurangnya Tantangan atau Perubahan 

Tanda lainnya adalah kurangnya tantangan atau perubahan dalam hidupmu. Kamu merasa tidak ada hal baru yang menarik atau menginspirasi. Dalam pekerjaan, tidak ada proyek atau tugas yang memaksa untuk belajar keterampilan baru atau berpikir kreatif. Sedangkan dalam kehidupan pribadi, kamu jarang mencoba hobi baru atau mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kamu datangi.

Dampak Negatif dari Terlalu Lama di Zona Nyaman

Berikut adalah dua dampak negatif jika kamu berada di zona nyaman terlalu lama, yakni:

1. Stagnasi Karir dan Kehidupan

Terlalu lama berada di zona nyaman bisa menyebabkan stagnasi dalam karir dan kehidupan pribadi. Dalam konteks karir, kamu merasa nyaman dengan tugas-tugas yang sudah biasa dilakukan dan rutinitas yang stabil. Akibatnya, karirmu mandek dan tidak berkembang sesuai potensi. 

Sementara dalam kehidupan pribadi, kamu akan bosan dan kurang bersemangat karena tidak ada perubahan yang menarik. Hal ini bisa mempengaruhi kesejahteraan hidupmu secara keseluruhan.

2. Potensi Kehilangan Peluang

Kamu juga berpotensi kehilangan peluang jika berada di zona nyaman terlalu lama. Sebab enggan mengambil risiko atau mencoba sesuatu yang baru sehingga melewatkan kesempatan untuk berkembang. Potensi kehilangan peluang ini bisa membatasi pencapaianmu dan bukan tak mungkin akan membuatmu menyesal di kemudian hari.

Pentingnya Keluar dari Zona Nyaman

Zona nyaman membuatmu aman dan tenang? Yup, no doubt about it, bayangkan seperti apa rasanya duduk di sofa yang empuk di rumah? Nyaman, kan? Tapi kalau terus-terusan duduk di sofa itu tanpa bergerak, lama-lama kamu akan kehilangan banyak hal dan kesempatan. Jadi, bangunlah dari sofa itu dan keluar dari zona yang melenakan. Meskipun awalnya menakutkan namun ini penting sebab berpengaruh pada:

1. Pertumbuhan Pribadi

Ketika berani melangkah keluar dari zona nyaman, kamu akan berhadapan pada situasi baru yang memaksamu untuk berpikir dan bertindak berbeda. Ini akan mendorongmu untuk menghadapi tantangan dan banyak belajar dari kesalahan. Di sini, kamu bukan hanya memperoleh pengetahuan dan pengalaman, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri serta kemandirian.

2. Pengembangan Keterampilan dan Potensi

Begitu keluar dari zona nyaman, kamu otomatis belajar dan beradaptasi sebab akan banyak keterampilan dan potensi dirimu yang keluar. Segala risiko dan hal yang kamu ekplor juga akan membantumu menemukan minat dan bakat yang mungkin tidak pernah kamu sadari sebelumnya.

Aplikasi digibank by DBS
Credit Photo: Freepik

Hubungan antara Keluar dari Zona Nyaman dan Investasi

Terdapat kaitan erat antara investasi dan keluar dari zona nyaman, dalam hal ini termasuk investasi online, seperti:

1. Tantangan dan risiko dalam investasi 

Memilih keluar dari zona nyaman mau tak mau membuatmu harus mencari cara untuk menghadapi tantangan. Satu cara tepat yang bisa kamu pilih yakni mulai berinvestasi sebab menghadirkan risiko seperti fluktuasi pasar dan kemungkinan kerugian. Ini memerlukan keberanianmu untuk menghadapi ketidakpastian finansial.

2. Manfaat Jangka Panjang 

Meskipun awalnya menakutkan, berinvestasi dapat memberikan manfaat jangka panjang seperti peningkatan kekayaan dan mencapai tujuan finansial. Sesuai dengan arti investasi itu sendiri, di mana kamu menanamkan modal untuk memperoleh keuntungan yang akan membawa pertumbuhan, keamanan finansial, dan meningkatkan kualitas hidup seiring waktu.

Strategi Investasi untuk Keluar dari Zona Nyaman

Memutuskan untuk keluar dari “cangkang” yang selama ini membuatmu nyaman dengan cara berinvestasi memerlukan beberapa strategi pintar, antara lain:

1. Edukasi Diri tentang Investasi 

Mulailah dengan memahami dasar-dasar investasi. Pelajari jenis investasi, risiko, dan potensi keuntungannya. Ini akan membantu membuat keputusan yang lebih bijak.

2. Membaca Buku dan Artikel 

Tingkatkan pengetahuan dengan membaca buku atau artikel dari sumber-sumber terpercaya sehingga kamu memahami lebih dalam arti investasi dan bagaimana harus melakukannya.

3. Mengikuti Seminar dan Kursus 

Ikuti seminar atau kursus untuk mendapatkan wawasan langsung dari para ahli atau investor lain yang sudah berpengalaman dan sukses.

4. Memulai dengan Investasi Kecil 

Mulailah dengan modal kecil untuk mengurangi risiko. Ini memungkinkan kamu untuk belajar tanpa tekanan besar dan melihat bagaimana investasi berfungsi dalam praktek.

5. Mengelola risiko 

Lakukan diversifikasi untuk mengurangi risiko. Kamu juga bisa menyeimbangkan portofolio antara berbagai jenis aset untuk melindungi dari fluktuasi pasar.

6. Belajar dari pengalaman

Lakukan evaluasi secara teratur dan belajarlah dari pengalamanmu atau orang lain. Pengalaman ini membantu memperbaiki strategi berinvestasi dan mengambil keputusan yang lebih baik ke depannya.

Semua strategi di atas akan membantumu melangkah tanpa ragu ketika beranjak dari zona nyamanmu dengan cara berinvestasi. Jika merasa masih belum cukup, kamu bisa mulai konsultasi dengan digibank Advisor yang akan membantu membuatkan strategi investasi yang sesuai dengan kamu. 

Kamu jadi makin pede untuk berinvestasi secara online di Aplikasi digibank by DBS yang bisa kamu akses 24 jam. Melalui aplikasi ini, tersedia lebih dari 150 produk investasi yang telah dikurasi oleh Infovesta dan bisa menjadi navigator untuk masa depanmu. 

Produk investasi online melalui Aplikasi digibank by DBS ini pun bisa leluasa kamu pilih, tentu dengan mempertimbangkan profil risiko dan keuntungan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa berinvestasi dengan aman sebab digibank Advisor siap membantumu dalam menangani setiap detail penyeimbangan portofolio untuk investasimu. 

So, kamu tetap bisa berinvestasi pada produk pilihanmu walaupun saat itu sedang terjadi fluktuasi suku bunga yang mengkhawatirkan.

Yuk, keluar dari zona nyamanmu sekarang! Mulailah bangun kekayaanmu dengan berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS dan dapatkan informasi detailnya di sini.

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Strategi Jitu Keluar dari Zona Nyaman dan Bangun Kekayaan dengan Investasi"