XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja, Dukung Para Penyandang Disabilitas Mendapatkan Kompetensi Digital



Apa sih yang ada di benak kalian manakala mendengar kata "disabilitas"? Menurut dari berbagai sumber literasi yang saya baca, disabilitas merupakan suatu kondisi keterbatasan pada tubuh seseorang baik itu secara fisik maupun mental, sehingga individu tersebut mengalami sedikit kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain.

Seperti yang kita ketahui, ada beberapa jenis penyandang disabilitas antara lain penyandang disabilitas fisik, penyandang disabilitas mental, penyandang disabilitas intelektual dan penyandang disabilitas sensorik.

Namun apa benar semua penyandang disabilitas itu sama sekali tidak mampu berinteraksi dengan masyarakat sekitar? Ternyata jawabannya salah. Para penyandang disabilitas yang ada di sekitar kita, mereka juga mampu berinteraksi dengan manusia normal lainnya. Tentu saja dengan cara yang berbeda, mengingat keterbatasan yang mereka miliki.

Dan yang terpenting adalah para penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dengan manusia normal lainnya, dimana mereka juga berhak memiliki pekerjaan yang layak dan diterima dengan baik di lingkungan masyarakat.

Untuk itulah, para penyandang disabilitas perlu memiliki skill agar siap kerja di masyarakat dengan keahlian yang dimilikinya. Sebab saat ini, skill sangat dibutuhkan ketika kita akan melamar pekerjaan. 

XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja

Pada tahun 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan data bahwa terdapat sekitar 22.5 juta penyandang disabilitas di Indonesia, bertambah 6 juta penduduk dibandingkan tahun sebelumnya. 

Dari 22,5 juta penyandang disabilitas tersebut, mayoritas dari mereka berada pada usia produktif. Namun sayangnya, hanya 7.6 juta dari 17 juta penyandang disabilitas usia produktif yang bekerja.

Tentunya hal tersebut merupakan tantangan besar yang harus diatasi dalam mengoptimalkan potensi tenaga kerja disabilitas di Indonesia. Perlu lebih banyak dukungan dan kesadaran dari perusahaan dan pelaku usaha di dunia industri untuk menerapkan kuota pekerja disabilitas secara lebih konsisten. 

Perlu adanya edukasi di masyarakat tentang pentingnya inklusi dan pemberdayaan individu dengan disabilitas untuk berkontribusi maksimal di dunia kerja.

Kepedulian terharap para penyandang disabilitas inilah yang diwujudkan oleh XL Axiata dengan menyelenggarakan program XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja. Sebanyak 20 orang teman tuli dan wicara ikut dalam program pelatihan di Surabaya. Nantinya dari 20 orang ini, akan dipilih 2 orang untuk berkesempatan magang di kantor XL Axiata yang berlokasi di Surabaya selama enam minggu. 

Peserta yang terpilih magang dalam program CSR XL Axiata Peduli Disabilitas ini akan diumumkan secara hybrid dengan lokasi offline di Jakarta dan peserta dari Surabaya, Medan dan Bandung mengikuti secara hybrid pada tanggal 4 September mendatang

Bersama para rekan blogger lainnya yang tergabung di dalam Komunitas Bloggercrony, saya berkesempatan untuk menghadiri acara XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja yang diselenggarakan di Surabaya, pada tanggal 2 sampai 3 Agustus 2024 yang berlokasi di Nutrihub.

Program pelatihan XL Axiata ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teman-teman penyandang disabilitas khususnya di bidang digital agar siap masuk ke dunia kerja. Peserta pelatihan terpilih berhak mengikuti pelatihan secara offline maupun secara hybrid (online melalui aplikasi zoom).

Peserta pelatihan akan diseleksi untuk mendapatkan kesempatan mengikuti program magang di kantor XL Axiata yang ada di Surabaya.

Kegiatan XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja ini berkolaborasi bersama para mitra kolaborasi dari komunitas dan organisasi disabilitas yang ada di Surabaya, Bandung, Medan dan Jakarta, antara lain: 
  1. Yayasan Benih Baik Indonesia @benihbaik , 
  2. Komunitas Bloggercrony Indonesia @bloggercrony sebagai fasilitator
  3. Rumah Difabel Sharaswaty/Khadijah Sharaswaty Indonesia @rumahdifabelsharaswaty
  4. FeminisThemis @feministhemis
  5. Dilans Indonesia @dilans.indonesia
  6. Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus @ypkabk
  7. Tim Bisindo dan Aksesibilitas @tibasurabayaofficial
  8. Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia @dpp_ppdi
  9. Nutrihub @lokalate

Acara XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja dibuka oleh Bapak Dodik Ariyanto selaku Group Head East Region XL Axiata. Beliau memberikan pidato singkat terkait dengan diselenggarakannya XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja ini. Berikut merupakan salah satu kalimat dari Bapak Dodik Ariyanto yang cukup memotivasi saya 
"Jangankan teman-teman disabilitas, bagi teman-teman yang non disabilitas saja perlu memiliki literasi dan kompetensi digital yang memadai agar bisa bersaing masuk memenuhi kebutuhan dunia kerja." 
Tentu saja dari pernyataan Bapak Dodik ini mengisyaratkan bahwa semua orang tanpa terkecuali membutuhkan pelatihan dalam upaya meningkatkan kompetensi digital mereka. Bahkan para penyandang disabilitas pun berhak mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan skill mereka.

Diharapkan nantinya 20 orang peserta yang sudah mengikuti Pelatihan XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja dapat menerima materi semaksimal mungkin dan mulai mengaplikasikannya dalam keseharian, baik itu di dunia kerja maupun untuk kebutuhan pribadi.




Tentu saja program XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja ini memiliki tujuan antara lain:
  1. Meningkatkan potensi dan rasa percaya diri individu dengan disabilitas dalam dunia kerja agar mampu terlibat dalam memberi partisipasi bermakna di lingkungannya, mampu untuk berinisiatif serta setara dalam dunia kerja.
  2. Meningkatkan kapasitas, keterampilan dan pengalaman individu dengan disabilitas dalam bekerja, terkhusus pada bidang komunikasi, kehumasan, dan perkantoran.
  3. Memfasilitasi persiapan yang setara bagi individu dengan disabilitas agar memilikikesempatan untuk magang di dunia kerja.
Pelatihan XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja akan diisi oleh 3 orang pemateri, diantaranya:
  1. Prita HW, seorang digital marketing yang akan membawakan materi tentang Publikasi Digital di Media Sosial
  2. Farida, seorang ahli data science yang akan membawakan materi tentang Digital Workplace
  3. Satto Raji, sebagai Photographer dan Fasilitator Bloggercrony yang akan membawakan materi tentang Dokumentasi Audiovisual dan Event.
Saya berkesempatan mengikuti materi di hari pertama dari Ibu Prita HW yaitu seorang digital marketing yang saat ini menetap di Jember, Jawa Timur. Ibu Prita HW memberikan materi mengenai Publikasi Digital di media sosial, dimana kegiatan ini dapat dilakukan oleh teman-teman para penyandang disabilitas untuk membuat konten keseharian mereka.

Seperti yang kita ketahui, saat ini media sosial memegang peranan penting dalam proses promosi sebuah produk atau jasa maupun personal branding seorang influencer. Oleh sebab itu, kita sebagai pengguna media sosial diharapkan mampu menggunakan media tersebut untuk kepentingan yang positif untuk berinteraksi dengan audiens.

Penutup

Setiap manusia memiliki hak untuk mendapatkan kesempatan yang sama di dunia kerja. Sama halnya dengan para penyandang disabilitas, mereka pun juga memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pekerjaan.

Namun untuk lebih memperbesar peluang mendapat kesempatan di dunia kerja, maka harus dibekali oleh berbagai skill, hingga bisa menjadi nilai tambah ketika sedang mencari peluang di dunia kerja.

Program XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja akan membantu para penyandang disabilitas meningkatkan skill mereka. Tentu saja peserta diharapkan untuk pro aktif ketika mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh XL Axiata.

Semoga bermanfaat.



Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

16 komentar untuk "XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja, Dukung Para Penyandang Disabilitas Mendapatkan Kompetensi Digital"

  1. Bagus nih program XL yang dikasih nama Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja.

    Beruntung itu nanti 20 orang teman tuli dan wicara yg bisa ikut dalam program pelatihan di Surabaya. Apalagi akan dipilih 2 orang untuk berkesempatan magang di kantor XL Axiata yang berlokasi di Surabaya selama enam minggu. Pasti banyak pengalaman baru tuh

    BalasHapus
  2. Salut dengan XL Axiata yang peduli dengan teman-teman disabilitas agar dapat memenuhi haknya dalam hal pekerjaan. Semoga semakin banyak perusahaan yang ikut peduli dengan disabilitas agar mereka bisa berdaya, maju, dan berkembang tanpa merasa insecure

    BalasHapus
  3. Banyak juga ya penyandang disabilitas. Keren XL-Axiata dengan programnya. Dengan demikian disabilitas bisa mandiri dan siap kerja. Semoga diikuti dengan institusi atau lembaga lain yang peduli disabilitas.

    BalasHapus
  4. Wah, aku sebagai pengguna AXIS plus XL AXIATA jadi bangga banget bacanya. Keren, lo, ada perusahaan yang bergerak peduli disabilitas untuk berdaya. Semacam memberikan kesempatan penyandang disabilitas untuk produktif dan hidup layaknya orang-orang pada umumnya.

    BalasHapus
  5. Kereeen XL Axiata! Semoga jadi pilot project untuk banyak orang dan menginspirasi bangeet yaa yg kek gini tuh. Ga banyak yang peduli sama kegiatan disabilitas yang berkelanjutan soalnya

    BalasHapus
  6. salut banget sama XL axiata yang peduli dengan teman-teman disabilitas dan memberikan pelatihan untuk mendukung skill di bidang digital

    BalasHapus
  7. Salut pada XL yang mengadakan acara peduli disabilitas ini. Dengan diberikannya kesempatan dan pelatihan tentu memberikan jalan pada kawan-kawan disabilitas untuk menjadi lebih mandiri.

    BalasHapus
  8. Ah keren banget yang dilakukan oleh XL Axiata ini
    Dengan begini disabilitas bisa mandiri berkarya di era digital ini ya

    BalasHapus
  9. Senang kalau melihat kepedulian seperti ini, termasuk dari XL Axiata yang punya prigram mengoptimalkan potensi tenaga kerja disabilitas di Indonesia. Sukses selalu, XL!

    BalasHapus
  10. Mantap nih, kepedulian XL Axiata kepada penyandang disabilitas bisa menjadi contoh bagi perusahaan2 lainnya utk melakukan program inklusi seperti ini juga.

    BalasHapus
  11. Keren banget nih program CSRnya, bagaimanapun juga disabilitas juga perlu diberi ruang untuk berprestasi karena setiap manusia itu unik dan istimewa dengan caranya masing-masing

    BalasHapus
  12. Keren banget XL Axiata sudah peduli dengan disabilitas. Dalam dunia kerja semua punya kesempatan yang sama asalkan punya skill. Sayangnya disabilitas sering dianggap sebelah mata, padahal mereka juga mampu bekerja seperti kita.

    BalasHapus
  13. Hebat banget ya XL Axiata...memberi peluang pada kelompok disabilitas...meskipun mungkin fisiknya terbatas namun bisa saja kemampuannya sama bahkan melebihi orang normal pada umumnya.

    BalasHapus
  14. Menarik ini programnya, semoga terus senantiasa berkelanjutan karena para disabilitas juga punya hak yang sama untuk produktif dengan bekerja.

    BalasHapus
  15. Anonim20.45.00

    Ini bener ya ka,soalnya spupuku dapet wa

    BalasHapus