Bagaimana Cara Memilih Kursus Mandarin yang Tepat?

Memilih Kursus Mandarin yang Tepat
Credit Photo: Pexels

Dari sekian banyaknya pilihan bahasa yang bisa Anda pelajari, belajar Mandarin kini semakin populer baik itu untuk kebutuhan pribadi atau profesional. Tidak bisa dipungkiri bahwa pengaruh budaya China semakin besar di Indonesia. Dan kini ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempelajarinya, termasuk melalui kursus Mandarin

Dengan metode yang terstruktur dan dukungan dari pengajar berpengalaman, kursus bahasa Mandarin adalah solusi efektif yang akan membantu Anda mencapai tujuan dengan lebih cepat dan efisien. Menariknya kagi, ada banyak pilihan kursus yang tersedia, baik itu secara offline maupun online.

9 Tips Memilih Kursus Mandarin yang Tepat Sesuai Gaya Belajar Anda

Baik untuk tujuan pribadi ataupun profesional, belajar Mandarin bisa membuka peluang yang luas untuk Anda. Apalagi kini ada beragam pilihan kursus yang tersedia, Anda bisa lebih fleksibel memilih metode belajar yang sesuai dengan kebutuhan. Namun sebelum itu, yuk ketahui apa saja tips memilih kursus Mandarin yang tepat berikut ini.

1. Kenali Tujuan Belajar Anda

Langkah pertama sebelum memulai kursus bahasa Mandarin adalah mengetahui tujuan belajar. Apakah Anda belajar untuk keperluan pribadi, wisata, atau bisnis? Pasalnya hal tersebut mempengaruhi jenis kursus yang nantinya Anda pilih.

Setiap tujuan juga memiliki kurikulum belajar yang berbeda. Misalnya kursus bahasa mandarin untuk bisnis, Anda akan kursus yang lebih spesifik seperti belajar bernegosiasi dan presentasi. Inilah kenapa menentukan tujuan adalah langkah awal yang penting untuk Anda lakukan.

2. Pilih Antara Kursus Grup atau Privat

Selanjutnya, jangan lupa tentukan apakah Anda ingin kursus grup atau privat. Tentunya kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kursus grup memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan peserta lain untuk melatih keterampilan berbicara. 

Sedangkan kursus mandarin privat menawarkan waktu yang fleksibel dan akan mendapatkan perhatian penuh dari pengajar. Cobalah mulai mengikuti kursus grup terlebih dulu di awal, kemudian Anda bisa beralih ke kursus privat jika membutuhkan pengajaran yang lebih spesifik.

3. Pastikan Pengajar Berpengalaman

Pastikan Anda memilih les Mandarin yang memiliki pengajar yang berpengalaman dan bersertifikasi. Bukan tanpa alasan, pengajar yang sudah lama berkecimpung di bidang ini akan memberikan pelajaran yang lebih baik serta kredibel, terutama bagi pemula.

Apalagi untuk kursus bahasa Mandarin untuk bisnis, pengajar yang berpengalaman dan bersertifikasi dapat membantu Anda mengenal konteks profesional, seperti wawasan tentang budaya bisnis China hingga kosakata dan frasa yang relevan dalam pekerjaan.

4. Pertimbangkan Format Pembelajaran

Ada berbagai metode pembelajaran yang bisa Anda pilih, seperti offline, online, dan hybrid. Diantara sejumlah format belajar tersebut, kursus online memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi karena Anda bisa belajar kapan saja dan di mana saja sesuai dengan jadwal Anda.

Apalagi jika Anda mengambil metode kursus Mandarin privat secara daring. Format kursus Mandarin privat ini memungkinkan Anda belajar secara mandiri dengan bantuan pengajar melalui video atau platform pembelajaran online sesuai kebutuhan dan jadwal.

5. Cek Kurikulum dan Materi Belajar

Sebelum memutuskan untuk bergabung dalam sebuah les Mandarin, Anda wajib mengetahui kurikulum dan materi yang disediakan. Pastikan kursus tersebut memiliki kurikulum yang terstruktur dan komprehensif, seperti pinyin, tata bahasa, percakapan, dan penulisan Hanzi. 

Kurikulum yang komprehensif akan membantu Anda memahami bahasa Mandarin secara menyeluruh. Khususnya jika tujuan Anda adalah untuk keperluan bisnis, pastikan kursus bahasa mandarin untuk bisnis yang Anda pilih fokus pada kosakata serta situasi kerja.

6. Fasilitas dan Dukungan Belajar

Les Mandarin yang tepat haruslah menawarkan sejumlah fasilitas dan dukungan belajar seperti akses ke materi tambahan, sesi latihan, dan bahkan bimbingan ekstra dari pengajar. Pasalnya fasilitas tersebut akan sangat membantu dalam mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari.

Selain itu, dukungan tambahan seperti forum diskusi atau akses langsung ke tutor juga bisa menjadi nilai tambah yang signifikan. Anda bisa bertanya kapan saja dan mendapatkan jawaban langsung untuk mempercepat pemahaman dalam belajar bahasa Mandarin.

7. Pertimbangkan Ulasan dan Rekomendasi

Saat memilih kursus bahasa Mandarin, ulasan dan rekomendasi dari orang lain bisa menjadi panduan yang wajib dipertimbangkan. Hal ini akan membantu Anda mengetahui kualitas tempat kursus tersebut, apakah cocok dengan Anda atau tidak.

Cobalah mencari tahu pengalaman orang terdekat yang telah mengikuti les bahasa Mandarin privat atau kursus lainnya. Ulasan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kualitas pengajaran, fasilitas yang disediakan, serta dukungan yang diberikan selama proses belajar.

8. Evaluasi Harga dan Nilai yang Ditawarkan

Tips memilih tempat kursus bahasa Mandarin yang selanjutnya yaitu jangan lupa evaluasi harga dan nilai yang ditawarkan. Hal ini harus menjadi salah satu pertimbangan penting agar Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial pribadi. 

Kursus grup biasanya lebih terjangkau dibandingkan kursus Mandarin privat. Namun kursus privat menawarkan nilai lebih dalam hal fleksibilitas, materi yang lebih spesifik, dan perhatian mendalam dari pengajar profesional, khususnya untuk kursus untuk bisnis.

9. Pilih Kursus yang Fleksibel

Tidak hanya sampai disini saja, pastikan Anda memilih kursus yang fleksibel. Fleksibilitas sangat penting dalam memilih kursus, terutama bagi Anda yang memiliki jadwal padat. Pastikan kursus yang Anda pilih memberikan fleksibilitas dari segi waktu dan juga metode pembelajaran. 

Kursus yang menawarkan fleksibilitas dalam mengakses materi belajar secara online juga akan sangat membantu Anda dalam belajar Mandarin di waktu luang. Anda bisa mengakses materi kapan saja dan dimana saja untuk memperlancar proses belajar bahasa Mandarin.

Memilih kursus bahasa Mandarin harus fokus pada beberapa aspek penting, termasuk pengajar, format pembelajaran, dan tujuan belajar. Sekarang saatnya Anda memulai perjalanan belajar berbicara dan menulis bahasa Mandarin dengan memilih kursus yang tepat di Kursus Mandarin. Jangan sampai ketinggalan, ya!




Referensi:

https://pijarmahir.id/blog/news/rekomendasi-kursus-bahasa-mandarin-online-dan-tips-belajar-yang-efektif

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/ar-ribh/comment/view/3389/165867/167956

https://jagomandarin.com/blog/tempat-les-mandarin

https://tutoravel.com/tips-memilih-kursus-bahasa-mandarin-untuk-pemula/

https://www.ojs.kmutnb.ac.th/index.php/jote/comment/view/3582/0/2154

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk " Bagaimana Cara Memilih Kursus Mandarin yang Tepat?"