Menstruasi Tidak Lancar? Atasi dengan 6 Rekomendasi Minuman untuk Memperlancar Haid

Minuman untuk Memperlancar Haid
Credit Photo: Pexels

Menstruasi yang tidak lancar termasuk masalah yang kerap dihadapi oleh wanita, apakah Anda salah satunya? Kondisi ini pastinya menimbulkan kekhawatiran, terutama jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Namun Anda tetap bisa mengobatinya dengan berbagai cara, termasuk mengonsumsi minuman untuk memperlancar haid.

Siklus menstruasi normal biasanya antara 21 hingga 35 hari dengan durasi menstruasi selama 2 sampai 7 hari. Meski begitu, setiap wanita memiliki siklus yang berbeda. Ketika siklus haid tiba-tiba menjadi tidak teratur, ini bisa menjadi indikasi bahwa ada masalah dengan tubuh Anda.

5 Penyebab Haid Tidak Lancar

Nah sebelum mencari cara mengatasi haid tidak lancar, Anda harus tahu dulu apa saja penyebab masalah tersebut. Dengan memahami faktor-faktor ini, Anda dapat lebih waspada terhadap perubahan dalam siklus menstruasi dan segera mengambil tindakan tepat.

1. Stres

Tahukah Anda, saat stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang mengganggu keseimbangan hormon lain, termasuk hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron. Dan ternyata ketidakseimbangan hormon ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

2. Gangguan Tiroid

Penyebab haid tidak teratur pada usia 20 tahun selanjutnya adalah gangguan tiroid. Kelenjar tiroid memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh, termasuk fungsi reproduksi. Ketika tiroid bermasalah, maka akan menyebabkan gangguan pada siklus datang bulan Anda.

3. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) adalah kondisi hormonal yang terjadi pada wanita usia produktif. PCOS ditandai dengan adanya kista kecil pada ovarium yang menyebabkan produksi hormon androgen yang berlebihan dan menyebabkan menstruasi yang tidak teratur.

4. Perubahan Gaya Hidup

Disadari atau tidak, perubahan gaya hidup ternyata dapat memicu gangguan siklus datang bulan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami kesulitan dalam beradaptasi yang pada akhirnya mempengaruhi siklus haid dan Anda harus mengonsumsi minuman untuk memperlancar haid.

5. Penggunaan Kontrasepsi

Penggunaan kontrasepsi, terutama kontrasepsi hormonal dapat menyebabkan perubahan dalam siklus menstruasi. Beberapa wanita akan mengalami haid yang sedikit atau bahkan tidak mengalami haid sama sekali selama penggunaan kontrasepsi hormonal.

6 Minuman untuk Memperlancar Haid

Sebenarnya ada banyak cara mempercepat haid, salah satunya adalah dengan mengonsumsi sejumlah minuman untuk memperlancar haid. Minuman-minuman tersebut pastinya tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Untuk itu, yuk cari tahu rekomendasinya!

1. Teh Jahe

Tahukah Anda, teh jahe adalah salah satu minuman alami yang dikenal efektif untuk memperlancar siklus menstruasi. Rebuslah beberapa irisan jahe segar dalam air selama 10-15 menit, lalu minum teh jahe ini dua kali sehari sebelum masa menstruasi.

2. Teh Kayu Manis

Selain teh jahe, teh kayu manis juga sudah lama dikenal sebagai rempah yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk untuk memperlancar haid. Anda bisa menambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa sekaligus membantu memperlancar datang bulan.

3. Teh Peppermint

Seperti yang Anda tahu, penyebab haid tidak lancar dan sedikit adalah stres. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan minum teh peppermint yang juga memiliki manfaat untuk memperlancar haid. Selain itu, peppermint juga dapat membantu mengurangi gejala PMS.

4. Air Putih

Minuman untuk memperlancar haid selanjutnya adalah air putih. Konsumsi air putih setidaknya  8 gelas setiap hari sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, yang dapat mempengaruhi siklus haid. Menarik, bukan?

5. Teh Chamomile 

Teh chamomile juga dipercaya sebagai minuman untuk memperlancar haid sekaligus membantu meredakan kram. Pasalnya teh ini mengandung zat yang sama dengan teh peppermint yaitu untuk merelaksasi tubuh dan melancarkan siklus datang bulan.

6. Sido Muncul Nature Female Balance

Sido Muncul Nature Female Balance

Diantara sejumlah minuman untuk memperlancar haid di atas, Anda juga harus mengimbanginya dengan suplemen alami dari Sido Muncul Nature Female Balance. Suplemen ini mengandung bahan-bahan yang baik untuk tubuh tanpa meninggalkan efek samping yang signifikan.

Selain membantu melancarkan datang bulan, suplemen dari Sido Muncul ini juga mampu meringankan gejala PMS dan gangguan hormon lainnya yang pastinya sangat mengganggu. Tubuh Anda pun akan tetap fit dan produktif selama masa menstruasi hanya dengan mengonsumsi Sido Muncul Nature Female Balance.

Untuk mendapatkan Sido Muncul Female Balance, Anda dapat membelinya di apotek terdekat atau melalui platform e-commerce kesayangan. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi minuman untuk memperlancar haid seperti Sido Muncul Female Balance demi menjaga keseimbangan tubuh secara keseluruhan.




Referensi:

https://www.alodokter.com/kenali-7-cara-memperlancar-haid

https://www.alodokter.com/ternyata-ini-penyebab-menstruasi-tidak-lancar

https://www.halodoc.com/artikel/waspada-ini-11-penyebab-datang-bulan-tidak-teratur?srsltid=AfmBOooiinJhrBBC0dLXHA4VgbTZxHN2eo5RdyAkmVaJbvmE94TDA80Y

https://www.sidomunculstore.com/blog/post/15-cara-agar-cepat-haid-yang-efektif-dan-aman.html

https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-minuman-untuk-bantu-melancarkan-siklus-menstruasi?srsltid=AfmBOoq_efsNdTaxj8F4LRxPhJ81nj9Ear5bToPn7XwhZdQiZHnVBnSY

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk " Menstruasi Tidak Lancar? Atasi dengan 6 Rekomendasi Minuman untuk Memperlancar Haid"