Debat Perdana Pilgub Jatim 2024, Dihadiri oleh 7 Orang Panelis

 
Pemilihan Gubernur 2024
Graha Unesa, Lokasi Debat Perdana Pilgub Jatim 2024


Tidak terasa, masyarakat Jawa Timur sebentar lagi akan memilih Gubernur Jatim untuk pada tanggal 27 November 2024. Ada 3 nama calon Gubernur Jawa Timur yang mencalonkan diri, yaitu:
  1. Paslon nomor urut 1, Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim
  2. Paslon nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak 
  3. Paslon nomor urut 3 Tri Rismaharini dan KH. Zahrul Azhar Asumta
Namun sebelum dilaksanakan Pemilihan Gubernur pada November mendatang, tentu saja akan ada debat Pilgub, dimana pertama kali akan diselenggarakan pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Dalam acara Media Briefing Persiapan Debat Publik yang diselenggarakan pada H-1 yaitu Kamis, 17 Oktober 2024, Bapak Nur Salam sebagai Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim menjelaskan beberapa poin penting terkait Debat Pilgub Jatim ini.

Debat Perdana Pilgub Jatim 2024
Media Briefing, Persiapan Debat Publik Pilgub Jatim 2024


Tema dan Sub Tema Debat Perdana Pilgub Jatim 2024

Tema pada debat perdana Pilgub Jatim 2024 adalah Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Lokal untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur.

Adapun sub tema dari tema yang diangkat pada debat perdana Pilgub Jatim 2024 terdiri dari:
  1. Daya saing dan nilai tambah ekonomi
  2. Pendidikan
  3. Kesehatan
  4. Demografi, kemiskinan dan kesenjangan
  5. Masyarakat Digital
  6. Ketahanan Sosial
  7. Penguatan Budaya dan Identitas Lokal
Debat pilgub Jatim akan diselenggarakan di Graha Unesa yang berlokasi di Jl. Citra Raya Lakarsantri, Lidah Wetan Surabaya. Debat perdana Pilgub 2024 diselenggarakan pada pukul 19.30 WIB dan apabila Anda ingin menyaksikan debat perdana Pilgub melalui televisi juga bisa, karena ditayangkan juga di TVRI serta Kompas TV.

Debat Kedua Pilgub akan diselenggarakan pada tanggal 3 November 2024 berlokasi di DBL Arena yang berada di Jalan Ahmad Yani 88 Surabaya. Debat juga disiarkan secara langsung oleh JTV dan CNN Indonesia.

Sementara debat ketiga Pilgub akan diselenggarakan pada 16 November 2024 berlokasi di Grand City Surabaya dan disiarkan oleh Metro TV dan TV One.

Bapak Nur Salam sebagai Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim
Bapak Nur Salam Memberikan Pengarahan pada Media Briefing

Para Panelis Pada Debat Perdana Pilgub Jatim 2024

Layaknya dalam sebuah debat, maka harus ada panelis yang akan memberikan pertanyaan kepada para pasangan calon gubernur Jatim. Panelis haruslah individu yang menguasai tema yang dibawakan ketika debat Pilgub berlangsung. Hal ini bertujuan aagr para panelis dapat mengukur kapabilitas para calon gubernur dari pertanyaan yang diajukan.

Para panelis pada debat Pilgub kali ini berasal dari Akademisi, Profesional dan juga tokoh masyarakat. Berikut daftar Panelis yang akan hadir di debat perdana Pilgub Jatim 2024:
  1. Prof. Dr. H. Achmad Muhibin Zuhri, M.Ag. Beliau merupakan Ahli Pendidikan Agama dari Fakultas Tarbiyah & Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
  2. Prof. Dr. Drs. Ec.H. Muhammad Syarif, M.Si, CMA,CRA. Beliau merupakan Ahli Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo, Madura. 
  3. Adhitya Wardono, SE, M.Si, M.Sc, PhD. Beliau merupakan Ahli Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.
  4. Dr. Sasongko Budisusetyo, CPA, CPMA. Beliau merupakan Ahli Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya.
  5. dr. Hidayatullah, Sp.N. Beliau merupakan Ahli Kesehatan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo.
  6. Dr. Ahmad Imron Rozuli, SE., M.Si. Beliau merupakan seorang ahli Sosiologi Ekonomi dan Kelembagaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Malang.
  7. Dr. Rina Wahyu Setyaningrum, M.Ed.

Penutup

Diharapkan setelah menonton debat perdana Pilgub Jatim 2024 ini, masyarakat akan mantap dalam memilih salah satu paslon Gubernur yang sudah dijagokan.

Jangan lupa untuk datang ke TPS yang sudah ditentukan pada tanggal 27 November 2024 untuk memilih pasangan calon Gubernur Jawa Timur untuk periode 5 tahun ke depan.



Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Debat Perdana Pilgub Jatim 2024, Dihadiri oleh 7 Orang Panelis"