Prakerja x Coursera, Kolaborasi Nyata Untuk Meningkatkan Peluang Kerja

 

Saat ini masyarakat Indonesia mana yang tidak mengenal pelatihan Prakerja, dimana lahir sejak tahun 2020 dengan misinya untuk menyediakan  ekosistem  belajar  yang  terintegrasi,  relevan,  dan  berkualitas  melalui kemitraan multi-pihak.

Apalagi Prakerja berdiri di saat pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia sehingga kesempatan ini dipergunakan oleh sebagian masyarakat yang terkena dampak pandemi yaitu dengan dirumahkannya mereka dari tempat kerjanya. 

Prakerja merupakan program yang lahir dalam upaya mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Program ini berupa beasiswa pelatihan yang ditujukan untuk seluruh masyarakat, mulai dari pencari kerja, korban PHK yang ingin mencari kerja kembali, pelaku usaha bahkan ibu rumah tangga pun bisa menjadi peserta Prakerja.

Prakerja bisa diikuti oleh Warga Negara Indonesia yang berusia mulai 18 sampai 64 tahun agar masyarakat bisa beradaptasi dengan perubahan dunia kerja yang tidak menentu.

Program Kartu Prakerja   lahir   melalui Perpres no   36   Tahun   2020. Hanya berselang satu hari setelah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, gelombang pertama Prakerja dibuka 11 April 2020 dan sanggup menyerap 168 ribu penerima. 

Prakerja menyediakan beasiswa pelatihan sebesar Rp. 3,5 juta yang bisa dimanfaatkan untuk mengikuti berbagai pelatihan baik secara online melalui webinar, tatap muka, maupun pembelajaran mandiri, dimana semuanya tersedia di ekosistem Prakerja.

Adapun visi dari Prakerja adalah membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu, yang tidak bisa menjadi bisa. Sementara misi dari Prakerja itu sendiri adalah menyediakan  ekosistem  belajar  yang  terintegrasi,  relevan,  dan  berkualitas  melalui kemitraan multi-pihak.

Prakerja hadir dengan tujuan yang mulia yaitu meningkatkan kompetensi tenaga kerja agar memiliki produktivitas dan daya saing di dunia kerja, serta mendorong kewirausahaan angkatan kerja.

Kolaborasi Prakerja juga menggandeng banyak pihak agar menunjang keberhasilan pelaksanaan pelatihan. Prakerja berkolaborasi luas dan inklusif dengan lembaga-lembaga pendidikan/pelatihan untuk memberikan pelatihan yang berkualitas dan relevan bagi peserta Prakerja.

Selain itu pula, dalam upaya menjada jaminan mutu maka Lembaga Pelatihan Prakerja juga bekerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan/pelatihan sebagai Tim Ahli Independen yang nantinya bertugas meningkatkan kualitas pelatihan yang diberikan kepada peserta.

Lembaga pendidikan yang digandeng juga betugas sebagai Tim Ahli Asesmen - Asesor Program yang bertugas untuk melakukan asesmen terkait program-program pelatihan khususnya pada bagian rancangan pelatihan dan materi yang diajukan.

Berbicara mengenai kolaborasi, maka Prakerja selalu memunculkan inovasi yaitu bekerja sama dengan pihak ketiga. Misalnya saja Prakerja x Alibaba dan Prakerja x Coursera.

Prakerja x Alibaba

Sungguh suatu kebanggan tersendiri bagi Prakerja dimana bisa berkolaborasi dengan Alibaba Cloud dalam memperkuat ekosistem digital Indonesia. 

Peserta yang sudah memiliki akun Prakerja dan memiliki latar belakang IT, dapat mengikuti pelatihan di Alibaba Cloud Academy dimana bertujuan membangun talenta digital yang lebih berkualitas di Indonesia, khususnya dalam keahlian cloud technology.

Adapun program yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud Academy antara lain:
  • Cloud Computing
Dalam program ini akan mengajarkan hal-hal mendasar dalam Alibaba Cloud termasuk di dalamnya konsep dan juga produk. Peserta akan mendapatkan materi cloud computing, jaringan, keamanan, penyimpanan dan juga basis data.
  • Big Data
Program Big Data mengharuskan peserta untuk mempelajari berbagai komponen penting ekosistem Big Data dalam Alibaba Cloud. Materi yang diajarkan mencakup MaxCompute, DataWorks, DataV, QuickBI serta bagaimana teknologi tersebut saling mendukung satu dengan lainnya.

Prakerja x Coursera

Bentuk kolaborasi Prakerja x Coursera adalah Prakerja menyediakan program pelatihan gratis di Coursera. Coursera sendiri merupakan platform edukasi online yang menawarkan berbagai macam kursus dari universitas maupun institusi pendidikan ternama di dunia. 

Dalam program Prakerja x Coursera ada lima kategori pelatihan yang ada ditawarkan di Coursera, dan dapat diakses secara gratis selama 90 hari. Lima kategori pelatihan tersebut antara lain: 
  1. AI dan Data, 
  2. Engineering dan IT, 
  3. Bisnis, 
  4. Product dan Design, dan 
  5. Green skills. 
Kolaborasi dengan Coursera ini juga menyediakan sertifikat kelulusan yang sudah diakui di dunia kerja bagi mereka yang menyelesaikan kursus.

Bagi kalian yang sudah memiliki akun Prakerja, berusia maksimal 35 tahun, dan minimal pendidikan SMA, sudah bisa mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Coursera secara gratis. 

Dengan mengikuti pelatihan di Coursera, peserta juga bisa mendapatkan akses pelatihan-pelatihan lain yang tidak terdapat pada Lembaga Pelatihan lokal. Diharapkan nantinya para peserta dapat meningkatkan keterampilan dan peluang kerja, serta menambah portofolio setelah lulus dari Coursera. Sampai saat ini, peserta yang mengikuti program pelatihan di Coursera telah mencapai 6.477 peserta.

Bagi kalian peserta Prakerja yang masih masuk kriteria usianya, saya sarankan untuk mengambil pelatihan di Coursera. Atau yang memiliki latar belakang pendidikan IT, bisa bergabung di Alibaba Cloud Academy.

Semoga bermanfaat. 

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Prakerja x Coursera, Kolaborasi Nyata Untuk Meningkatkan Peluang Kerja"